Teknologi Game

Politeknik Elektronika Negeri Surabaya

Kurikulum

Lulusan Teknologi Game dibekali dengan empat kemampuan dasar dalam mendukung tumbuh kembang industri game yaitu kemampuan teknis, kemampuan desain, kemampuan social dan komunikasi, dan kemampuan bisnis untuk berwirausaha di bidang industri game. Berikut penjelasan tentang empat kemampuan dasar lulusan Teknologi Game:


  • Kemampuan teknis meliputi kemampuan merancang dan membuat game, menguasai pemrograman komputer khususnya yang berhubungan dengan game, kemampuan grafik dan audio. Penguasaan library dan tools dengan konsep yang kuat bisa menghasilkan kemampuan untuk membuat game platform dan game engine yang banyak dibutuhkan untuk memasukkan konten-konten lokal.
  • Kemampuan desain meliputi layout, karakter, skenario, dan penyediaan komponen di dalam game baik berupa grafis, animasi dan audio.
  • Kemampuan bisnis yang diwujudkan dalam kerjasama dalam proyek dan technopreneurship merupakan kemampuan untuk menciptakan peluang–peluang bisnis di bidang industri game.
  • Kemampuan sosial dan komunikasi meliputi kemampuan bekerjasama, mengenali karakter masyarakat, dan mengenali konten lokal sampai pada menterjemahkannya ke dalam muatan game yang akan dibuat.
  • Berdasarkan kemampuan yang dimiliki, bidang pekerjaan dan profesi yang dapat diisi oleh lulusan Program Studi D4 Teknologi Game adalah:


  • Industri Game; baik bekerja di perusahaan game yang sudah ada atau menciptakan bisnis game dari kemampuannya sendiri.
  • Industri yang melibatkan desain.
  • Industri pengembangan Perangkat Lunak.
  • Riset dan Pengembangan untuk industri kreatif.
  • Agar memiliki kompetensi yang mumpuni sebelum terjun ke dunia profesi, Lulusan Program Studi D4 Teknologi Game wajib memahami dan menguasai:


  • Sains dasar yang diwujudkan dalam mata kuliah: matematika, pemrograman dan grafika komputer.
  • Asas dan Dasar Teknologi Game yang diwujudkan dalam mata kuliah: Skenario, 3D Engine, Kinematic, Interface, Animasi, Artificial Intelligent, Sound Engine dan Physic Engine dan Jaringan Komputer
  • Art Engineering yang diwujudkan dalam mata kuliah: Dasar Art Engineering, Sound Art, 2D/3D modeling, dan Digital Painting.
  • Ilmu tentang Sejarah dan Kultur Sosial yang diwujudkan dalam mata kuliah: Storyboard, Sejarah, dan Budaya Lokal.
  • Development Management yang diwujudkan dalam mata Kuliah: Software Engineering, Project Plan, dan Project Development.
  • Kemampuan Komunikasi yang diwujudkan dalam mata Kuliah: Writing/Presentation dan Mass Communication
  • Technopreneurship yang diwujudkan dalam mata kuliah: Game Business dan Etika Profesional.

  • Gambar di bawah ini menunjukkan pohon kurikulum dari Program Studi D4 Teknologi Game
    Kurikulum Teknologi Game